Pages

Selasa, 29 November 2011

PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE ( Tugas Bisnis )

Pengertian Bisnis Online
Bisnis adalah berbagai aktivitas yang bisa menghasilkan keuntungan. Sedangkan Online adalah terhubung pada internet sehingga memungkinkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas melalui media internet. Jadi Bisnis Online adalah bisnis atau usaha yang dapat mendatangkan keuntungan yang dijalankan dengan melalui internet.

Perkembangan Bisnis Online
Bisnis online berkembang dari waktu ke waktu karena internet mulai merambah ke berbagai kalangan, baik itu melalui warnet yang makin menjamur, komputer yang dimiliki hampir setiap rumah, maupun hp berbagai merk dan tipe yang memberi fasilitas internet. Melakukan bisnis online bisa dengan berbagai cara, ada yang membuat website tentang usahanya, ada yang ngiklan di forum dan blog, menjual berbagai aplikasi, dan banyak lagi baik menggunakan web gratis ataupun berbayar. Namun untuk menentukan jenis dan skala bisnis online harus disesuaikan dengan kemampuan dan modal yang dimiliki.
Hanya saja dalam menjalankan bisnis online alangkah baiknya jiga kita tidak tergesa-gesa untuk meraup keuntungan, karena bisnis online tidak seperti bisnis offline yang transaksinya dilakukan langsung tatap muka dan orang datang ketempat kita agar kita tidak putus asa dalam mengembangkan bisnis online dimana kita tidak langsung banyak pelanggan dan mendapat keuntungan apalagi mendapatkan kepercayaan dari konsumen tidak mudah dan bisa saja dalam mesin pencarian kita tertimpa oleh pembisnis lain yang sama jenis bisnisnya tapi lebih unggul dari kita.

Kelebihan Bisnis Online
1. Modal yang dikeluarkan tidak sebesar menjalankan bisnis offline, karena kita hanya membutuhkan komputer, waktu, dan pengetahuan tentang internet. Sedangkan kalo menjual barang kita bisa menyiasatinya dengan membeli barang yang akan dijual bila ada yang memesan, kecuali kita ingin punya persediaan barang dagang diruma.
2. Jangkauan luas, dengan online bisnis kita dengan cepat merambah keberbagai pelosok bahkan tidak menutup kemungkinan sampai mancanegara tanpa harus datang langsung keberbagai tempat untuk mempromosikan bisnis kita.
3. Tidak memerlukan banyak tenaga kerja, kita juga tidak dibebani dengan gaji karyawan karena bisa dikelola sendiri atau beberapa tenaga bantu kecuali usaha kita dalam skala yang besar hingga harus memiliki server sendiri dan dikelola oleh banyak karyawan.
4. Bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, asal ada penghubung ke internet sehingga bisa leluasa baik disela-sela aktivitas lain dan sedang bepergian kemanapun.

Kekurangan Bisnis Online
1. Kurang pengetahuan tentang internet, itu akan sangat menghambat bisnis online kita karena kita berbisnis memanfaatkan media internet jadi kalo kita kurang pengetahuan dalam bidang internet maka akan kalah saing oleh pembisnis yang lain.
2. Konsumen ragu akan keamanan rekeningnya bila pembelian dengan cara langsung memasukan no rekening jadi transfernya tidak melalui ATM tapi langsung diweb kita mengingat akhir-akhir ini marak sekali pembobolan ATM.
3. Konsumen takut bila sudah mentransfer uang nanti barangnya tidak dikirim atau tidak sesuai harapan dan juga sebaliknya kita yang takut ketika barang dikirim uang tidak ditransfer atau konsumen hanya bercanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

burung terbang dengan sayap,, saya terbang dengan kritik yang membangun!