Pages

Jumat, 23 Maret 2012

strategi belajar di perguruan tinggi

1. perbaharui niat
hidup tak selamanya berjalan seperti kehendak hati, seperti halnya saya yang tadinya sudah terpikat dengan perguruan tinggi sebelumnya kini harus beradaptasi dengan perguruan tinggi dan mata kuliah yang sangat baru untuk saya tentunya ini sangat menjenuhkan juga membuat semangat belajar saya menurun. tapi tidak mungkin juga kita terus meratap dalam keterpurukan maka kita harus bangkit dan perbaharui niat, dimanapun kita menimba ilmu haruslah karena ibadah mencari ridha Alloh, menjauhkan diri dari kebodohan dan meningkatkan kualitas hidup.

2. sungguh-sungguh
kita akan selalu memanem hal yang sama seperti yang kita tanam, bila menanam cabai maka akan memanem cabai begitupun dalam belajar, bila sungguh-sungguh maka kita akan menikmati buah keberhasilan dari usaha dan kesungguhan kita.
bila kita tidak sungguh-sungguh maka tidak mungkin hasil yang kita dapatkan akan lebih baik dari orang lain yang sungguh-sungguh. kesungguhan kita dalam menuntut ilmu dapat direalisasikan dengan :
a. perhatikan saat dosen menerangkan karena walau kita membaca 1000 bukupun bila kita tidak memiliki guru yang menuntun dan mengarahkan maka tidak akan maksimal hasilnya.
b. kerjakan setiap tugas yang diberikan dosen pada kita karena selain menambah nilai juga menambah pemahaman kita dalam mata kuliah yang sedang dipelajari.
c. pahami, dalami, dan laksanakan setiap ilmu yang didapat dari dosen. karena orang yang bisa belum tentu memahami dan yang paham belum tentu melaksanakan setiap ilmu yang didapatkan. sedangkan ilmu akan menjadi jalan untuk meningkatkan kualitas manusia bilamana dipahami lalu diaplikasikan dalam kehidupan.

3. memanage waktu
jangan jadikan waktu lir ibarat gelas hampa hingga terisi udara sia-sia. manage waktu dengan tepat agar waktu 24 jam kita tidak terbuang percuma hanya karena dipergunakan untuk hal yang sia-sia. ibadah ada waktunya,istirahat ada waktunya, belajar ada waktunya, hiburan ada waktunya, dan segala sesuatupun harus pasti waktunya setelah jadwal kita diatur dengan baik maka biasakanlah dalam kehidupan kita sehari-hari agar segala sesuatunya seimbang dan berjalan lancar dan memiliki banyak waktu untuk belajar.

4. tingkatkan ibadah
setelah kita sungguh-sungguh dalam ihtiar sampai batas kemampuan kita maka kita pasrahkan semua hasil pada Alloh dan syukuri semuanya dengan cara meningkatkan kualitas ibadah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

burung terbang dengan sayap,, saya terbang dengan kritik yang membangun!